Kamis, 25 Februari 2016

Bulletin Rapid Plast
Topik edisi ini :
(hal.1) Salam Redaksi
(hal.2) Audit BRC Plant 3
(hal.3) Simulasi Kebakaran di Malam hari & hari Libur
(hal.4) MSG itu Enak, Mengapa?
(hal.5-6) Kode Etik Perusahaan
(hal.7) Katakan “ Tidak” Pada Sariawan
(hal.8) PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN ( P3K)
(hal.9) Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh
(hal.10) Kumpulan Kata-Kata Bijak
Edisi
01
Februari 2016

1
Semangatttt pagi….
Atas berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan juga dengan perjuangan pastinya, akhirnya muncul juga nih Bulletin Edisi Pertama kita di tahun 2016 ini.
Selalu ada harapan-harapan baru kita di tahun 2016 ini, semoga apa yang menjadi keinginan kita bisa segera terwujud nantinya.
Di bulletin kali ini, akan dibahas mengenai beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di Rapidplast selama 2 bulan terakhir ini. Ditambah juga artikel-artikel menarik lainnya kiriman dari beberapa rekan kita juga. Untuk bln ini, halaman karyawan baru kita tiadakan karena memang belum ada penambahan karyawan untuk saat ini.
Buat kalian yang punya artikel menarik juga, bisa dikirimkan melalui email kami di galuh.dwi@rapidplast.co.id yang nantinya akan kita tampilkan di Bulletin selanjutnya.
Jangan menyerah atas impianmu, impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, sukses bukan kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah kunci sukses. Semangat !

2
Audit BRC Plant 3
Pada Tanggal 21 dan 22 Desember 2015 yang lalu, Plant Cikarang melakukan audit BRC IoP. Dengan Auditor Mr. Kulbhushan Singh dari Badan sertifikasi SGS. BRC IoP adalah singkatan dari British Retail Consortium Institue of Packaging. BRC IoP merupakan standart internasional yang digunakan oleh industri kemasan plastik maupun industri penghasil material kemasan plastik.
Audit BRC IoP sendiri untuk PT. Rapid Plast Indonesia diadakan selain untuk pemenuhan standart yang dipersyaratkan oleh salah satu customer kita, juga memberikan hasil positif lainnya yaitu apabila kita lolos audit BRC IoP maka dapat untuk meningkatkan nilai jual produk kita di kalangan industri khususnya industri yang membutuhkan kemasan plastik dengan standart hygiene yang tinggi.
Dari audit 2 (dua) hari tersebut, kita mendapatkan Grade A dan layak mendapatkan sertifikat BRC IoP. Selamat dan Terima Kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan audit ini, khususnya untuk team Plant Cikarang semoga hal ini merupakan pencapaian yang baik untuk mendukung kesuksesan dimasa yang akan datang.

3
Simulasi Kebakaran
di Malam hari & hari Libur
Pada hari Jum’at tanggal 22 dan 24 Januari 2016, bertempat di PT. Rapid Plast Plant 2 telah diadakan kegiatan simulasi dan pelatihan tanggap darurat pemadaman kebakaran pada waktu malam hari dan hari libur. Kegiatan yang diselenggarakan oleh SHE diikuti oleh beberapa perwakilan Peserta yang ada di Plant 2, termasuk di antaranya adalah Operator, Packer dan Security. Perwakilan dari tim SHE adalah Bp. Adhong Supriadi.
Diadakan training ini diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk melakukan upaya dini pemadaman, tidak sepenuhnya menggantungkan diri kepada petugas pemadam kebakaran. Perambatan api yang sangat cepat membutuhkan penanganan yang cepat pula, sedangkan markas pemadam kebakaran sendiri terkadang lokasinya jauh dari lokasi kebakaran, maka upaya dini sikap tanggap darurat terhadap kebakaran dapat menjadi solusi yang tepat.
Sebelum memulai simulasi, terlebih dahulu disampaikan skenario atau urutan langkah yang harus dilakukan oleh peserta dalam melakukan pemadaman kebakaran mengunakan berbagai macam alat seperti APAR dan menggunakan Hydrant. Pemberian materi dilaksanakan oleh Bapak Adhong.
Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan karyawan bilamana mengalami peristiwa kebakaran, sehingga dapat mencegah kemungkinan kerugian yang lebih besar.

4
MSG itu Enak, Mengapa?
http://www.foodsessive.xyz/msg-itu-enak-mengapa/
MSG, kalau dipanjangin bunyinya Mono Sodium Glutamat, adalah sebuah “bumbu rahasia” yang banyak dipakai abang-abang tukang bakso (nggak cuman tukang bakso sih) untuk memperlezat makanan yang dimasak. Kita semua pasti pernah makan MSG,
karena memang yaa… rasanya enak! MSG juga beken disebut dengan istilah micin.
Entah darimana asal kata “micin” ini berasal.
Tapi pertanyaan terbesarnya, kenapa micin ini enak?
Faktanya, MSG itu nggak enak,
kalau dimakan “mentahan”.
Coba aja sendiri kalau nggak
percaya. Yang bikin MSG itu enak
adalah MSG bersifat memperkuat rasa dari kumpulan
rasa yang sudah ada di makanan tersebut. Jadi intinya, kalau makanannya emang dari sananya nggak enak, dikasih MSG satu ember pun juga rasanya bakal tetap nggak enak
(btw, jangan dicoba ya, karena batas konsumsi MSG cuma 16600 mg/kg)
MSG itu sebenarnya punya rasa tersendiri, lho. Lidah manusia
saat ini diketahui bisa mengenali lima rasa yaitu manis, asin, asam,
pahit, dan satu lagi umami. Rasa umami ini ditemukan oleh Kikunae
Ikeda ketika menemukan sebuah rasa yang tidak dapat didefinisikan
dengan manis, asin, asam, dan pahit.
Umami dapat dirasakan pada makanan sejenis kaldu.
Mau tahu siapa yang pertama kali mengkomersilkan MSG? Mereka adalah Suzuki bersaudara yang memulainya pada tahun 1909. Nama merek dagangnya adalah AJI-NO-MOTO®. Pasti tahu dong ..Jadi intinya, rasa yang enak dari MSG muncul dari rasa umami
yang bisa dikenali oleh lidah manusia ditambah lagi dengan
kemampuannya dalam memperkuat rasa dari sebuah masakan
sehingga MSG biasa disebut juga dengan penguat rasa.

5
Kode Etik Perusahaan
Standart Sikap
Rekanan bisnis
Integritas bisnis

6
Kode Etik Perusahaan
Sanksi bagi pelaku tindak pidana pencucian uang adalah cukup berat,
yakni dimulai dari hukuman penjara paling lama maksimum 20 tahun,
dengan denda paling banyak 10 miliar rupiah.
Kepedulian
sosial
LINGKUNGAN
Konflik
kepentingan

7
Katakan “ Tidak “
Pada Sariawan
Sariawan? Pasti tidak nyaman. Makan, minum atau berbicara pun jadi terganggu karena kondisi ini. Makanan dan minuman yang terasa enak, akan menjadi ‘siksaan’ bagi kita yang mengalami sariawan ini. Bahkan terkadang kita sulit mengendalikan emosi karena sakit perih yang dirasakan.
Berbagai obat memang dapat kita temui untuk mengobati luka sariawan ini, tetapi pencegahan adalah lebih baik, bukan? Nah, oleh karena itu kita perlu tahu hal apa saja yang dapat menyebabkan sariawan. Mengetahui penyebab dari sariawan ini akan membantu kita untuk mencegahnya lebih dini. Coba simak bebrapa penyebab sariawan berikut ini :
STRESS
Efek atau akibat stres pada masing-masing orang berbeda. Ada baiknya kita perhatikan bagaimana kecenderungan kondisi ini terhadap sariawan yang muncul di mulut kita. Bila sariawan pada mulut kita karena pemicunya adalah stress, jadi keputusan untuk rileks dan mungkin ambil cuti, adalah langkah yang bijaksana.
TERLUKA
Pemilihan bulu sikat gigi yang keras atau cara sikat gigi yang salah, bisa melukai gusi kita dan kemudian menjadi sariawan. Perlu dipahami bagaimana cara kita menggosok gigi dan bagaimana memilih sikat gigi yang cocok untuk kita.
TERGIGIT
Cara makan yang terburu-buru, beresiko bibir tergigit oleh gigi kita tanpa sengaja. Bila tergigit dan terluka akan menjadi sariawan. Hati-hati saat mengunyah dan hindari makan makanan dan minuman yang terlalu panas agar tidak melukai mulut sendiri.
KESEHATAN TERGANGGU
Tubuh tidak fit, biasanya dapat mencetuskan sariawan. Sariawan bisa juga menjadi salah satu indikasi kita kekurangan vitamin C dan vitamin B12. Sariawan juga bisa dicetuskan oleh peradangan di pencernaan ataupun panas dalam.
Konsumsi suplemen vitamin atau multivitamin dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh, tetapi yang lebih penting adalah cukup kita benahi pola makan dan minum. Konsumsi sayur mayur dan buah-buahan yang kaya vitamin C.
Selain itu, serat alami yang banyak terdapat pada sayur dan buah segar juga melancarkan pencernaan. Perbanyak minum air putih dan kurangi jajan gorengan, dan tentunya cukupkan waktu tidur dan istirahat kita. Jadi biasakanlah selalu menjalani hidup sehat dan teratur
Sumber : www.kemangconfidental.com

8
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN ( P3K)
Pada tanggal 15 Januari 2016, diadakan Training P3K di Plant 2, peserta yang mengikuti training ini adalah Operator, Packer dan Security.
Tujuan diadakan training ini diharapkan karyawan tidak panik apabila terjadi kecelakaan kerja, sehingga dapat membantu korban dan dapat meringankan luka akibat kecelakaan.
Training dipandu oleh dr. Anna Pitriatinah.
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan pertolongan pertama yang harus segera diberikan kepada korban yang mendapatkan kecelakaan atau penyakit mendadak dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke tempat rujukan atau Rumah sakit.
P3K yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya.
Training P3K di Plant 2 tidak hanya diberikan secara materi tapi juga langsung dipraktekkan agar peserta lebih mudah memahami cara penanganannya.
Ada beberapa peralatan yang wajib di sediakan didalam kotak P3K adalah sebagai berikut :
1. Perban berbagai ukuran
2. Kapas
3. Kain kasa steril
4. Kantung es
5. Plester selebar 2.5 cm (1 in)
6. Pinset penjepit
7. Termometer
8. Obat – obatan
9. Gunting
10. Betadine
11. Alcohol 70%

9
Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh http://www.anggaputra.com/12-khasiat-buah-naga-bagi-tubuh/
Buah naga atau dalam istilah latinnya disebut Pitaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik kesehatan maupun kecantikan. Buah naga sebenarnya berasal dari negara di benua Amerika seperti di Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
Buah ini bermanfaat bagi semua orang yang mengkonsumsinya, terutama ibu hamil. Menurut jenisnya buah naga dibedakan menjadi empat jenis, meskipun terkadang orang hanya membedakan menjadi dua yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Hal ini disebabkan karena warna merah dan putih merupakan warna dominan daging buah, sedangkan kulitnya bisa berbeda satu sama lain.
Berikut ini jenis buah naga yang perlu kalian ketahui:
Hylocereus undatus, kulit buah berwarna merah namun daging buah berwarna putih
Hylocereus polyrhizus, kulit buah berwarna pink / merah muda sedangkan daging buah berwarna merah
Selenicereus megalanthus, kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
Hylocereus costaricensis, baik kulit dan daging berwarna sangat merah
Berikut ini beberapa khasiat buah naga :
1. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan didalam buah naga terbukti ampuh untuk mengurangi resiko kanker.
2. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus
Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir.
3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
4. Menjaga Kesehatan Tulang
Menurut FAO (badan PBB yang mengurusi pangan), kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga cukup tinggi.
5. Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga juga memililki kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata
6. Bisa untuk Diet
Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori, bagus untuk kalian yang lagi diet.
7. Anti Aging
Nutrisi yang dimiliki buah ini dipercaya mampu membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat
8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C, protein, dan potassium buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang.
9. Melancarkan Pencernaan
Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.
10. Menjaga Kesehatan Gigi
Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.
11. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil
Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin.

10
Waktu adalah pedang, jika kamu bisa menggunakan dengan baik, maka pasti akan membawa keberuntungan, tapi jika kau menggunakan dengan buruk, pasti dia akan membunuhmu.
Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai, kamu juga harus mempunyai keberanian dan keinginan untuk menyelesaikannya, bukan hanya mengakhiri.
Jangan takut akan perubahan.
Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan memperoleh sesuatu yang lebih baik lagi.
Kita tidak akan pernah mencapai kesuksesan sejati kecuali kita menyukai apa yang kita kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar